Sambutan ASIA AGRICULTURE AND FOOD FORUM 2018

Salam Petani,

Ekonomi Indonesia tumbuh luar biasa dalam beberapa tahun terakhir didorong oleh sektor jasa dan Indusri yang sedang berkembang pesat. Pertanian menjadi salah satu andalan ekonomi nasional yang memberikan dampak besar terhadap masyarakat. Sektor pertanian mempekerjakan sekitar 60% penduduk. Saatnya Indonesia membangun kedaulatan pangan dan kemandirian nasional.

Lembaga riset dan analisis ekonomi internasional yakni The Economist Intelligent Unit (EIU) dan Barilla Center for Food and Nutrition (BCFN) Foundation merilis Indeks Keberlanjutan Pangan atau Food Sustainability Index (FSI). Dalam hasil riset tersebut, Indonesia tercatat menduduki peringkat ke-21 dalam Indeks Keberlanjutan Pangan. Capaian tersebut merupakan pertanda baik bagi Indonesia yang diraih berkat kerja keras berbagai pihak.

Namun momentum pertumbuhan pertanian negara tidak dapat dipertahankan dalam jangka panjang tanpa dorongan pada inklusivitas dan keberlanjutan. Perlu adanya inklusivitas dan keberlanjutan ditambah dengan daya saing yang timbul karena bebagai tantangan yang dihadapi sektor pertanian saat ini.

HKTI hadir dengan visi dan misi sebagai rumah besar bagi petani, di mana petani berarti harus terlindungi dari praktik-praktik yang justru merugikan petani itu sendiri. HKTI harus menjadi solusi bagi setiap permasalahan petani dan pertanian Indonesia, oleh karenanya HKTI adalah mitra strategis pemerintah yang menjalankan program pro-petani dan menjadi jembatan antar institusi.

Indonesia merupakan salah satu motor penggerak pertumbuhan ekonomi di Asia. Bahkan Indonesia menjadi negara 3 besar pertumbuhan ekonomi di negara-negara G20. Dan pada tahun 2045 Indonesia akan berada pada peringkat atas ekonomi negara-negara maju.

Untuk membangun dan memperkuat ekonomi Kawasan di Asia, perlu dijalin kerjasama dan sinergi antar negara-negara Asia. Karena itu HKTI mempelopori kegiatan ASIA AGRICULTURE AND FOOD FORUM 2018 sebagai media interaksi sinergi strategis dan kerjasama bisnis antar negara menuju ketahanan pangan Asia dan dunia.

Kami mengajak para pemimpin negara dan pemimpin bisnis di Asia untuk bersama-sama membangun kegiatan ini sebagai momentum kebangkitan pertanian Asia.

Mari semua stakeholders berpartisipasi aktif untuk hadir bersama memberikan kontribusi besar untuk ketahanan pangan asia.

Jenderal (Purn) DR Moeldoko