Persaingan Sengit Piala Dunia 2018, Moeldoko Jagokan Timnas Brasil Juara

Demam ajang sepakbola yang paling dinanti Piala Dunia kembali digelar 14 Juni-15 Juli 2018.

Kali ini giliran Rusia yang menjadi tuan rumah turnamen empat tahunan tersebut.

Kepala Staf Presiden (KSP) Jenderal (Purn) TNI Moeldoko sebagai penggila bola menjagokan peraih lima kali Piala Dunia yakni tim "Samba" Brasil.

"Saya lebih senang Brasil dan (idola) pemainnya Neymar," kata Moeldoko di Jakarta Kamis (15/6/2018).

Jenderal TNI Purn Moeldoko menilai regenerasi negara Brasil memunculkan bintang sepakbola masih kalah dibanding Portugal yang melahirkan megabintang Cristiano Ronaldo.

Tim Nasional Brasil merupakan tim unggulan yang tergabung bersama Swiss, Kosta Rika dan Serbia pada Grup E Piala Dunia 2018.

Neymar bersama Philippe Coutino dan rekannya akan membuka pertandingan perdana Piala Dunia melawan Swiss pada 17 Juni 2018.

Mantan Panglima TNI itu mengaku sejak masih perwira aktif tugas di lapangan kerap bermain sepakbola bersama pasukan lain.

"Saya di depan pasukan segala-galanya, begitu kena 'tackle' biasa gitu," ujar purnawirawan jenderal TNI bintang empat itu.

Tidak hanya timnas Brasil, Moeldoko juga memiliki tim lokal favorit yakni PSM dan pemain nasional Bambang Pamungkas dari Persija.

Purnawirawan perwira tinggi TNI itu pernah menonton langsung klub Liga Inggris Arsenal di Stadion Emirates London.

Selain sepakbola, peraih gelar doktor administrasi negara dari Universitas Indonesia itu menggemari cabang olahraga tenis meja yang dilakukan sejak menjadi perwira tinggi bintang tiga atau Letnan Jenderal (Letjen).

"Karena tenis meja bagus, mencari keseimbangan baru antara mengatur antara tangan, kaki dan badan," tutur Moeldoko yang mengaku sudah gemar bermain tenis lapangan sejak taruna.

Sama halnya, artis Rico Ceper juga menjagokan Brasil akan lolos ke fase semifinal bersama timnas unggulan lainya seperti Jerman, Spanyol dan satu tim lainnya dari Eropa Timur "Kemudian Argentina juga bisa diperhitungkan tapi tidak begitu memuaskan," tutur pembawa acara kocak itu.

Rico menganalisa Timnas Brasil memiliki kualitas pemain yang mumpuni seperti Jerman dan Spanyol dengan memeragakan permainan yang indah dan "cantik".
Rico menggarisbawahi Timnas Brasil yang sangat bergantung kepada Neymar namun "Selecao" secara menyeluruh sebagai negara yang terlahir karena bola.

"Nah, Brasil ini bukan main memang semata-mata bukan Neymar tapi 40 persen nyawa Brasil ada di Neymar, yang jadi pertanyaan kalau Neymar tumpul apakah yang lain juga, kalau Spanyol tidak tergantung dengan satu-dua pemain dan lebih merata," ungkap Rico.

Di mata pemain senior sekaligus bek andalan klub Persija Jakarta, Maman Abdurahman, Brasil juga punya kans besar menjadi juara. Namun, Maman mengaku memiliki tim favorit untuk Piala Dunia 2018 yang mengunggulkan Timnas Inggris sebagai kampiun juara.

Maman beralasan "The Three Lions" berisikan pemain berkualitas mayoritas dari tim Liga Inggris Liverpool yang menjadi kesebelasan yang disukai mantan punggawa Persib itu.

"Sebenarnya tim favorit saya Italia tapi sayang tidak lolos, Kali ini saya pindah favoritnya ke Inggris karena skuatnya dihuni beberapa pemain Liverpool" ujar Maman.

Meski menjagokan Inggris sebagai salah satu favorit juara, bek berusia 36 tahun tersebut tidak menampik kekuatan sepak bola Brasil dengan segudang talenta mudanya, terlebih tim Samba tersebut dalam kondisi siap tempur pada Piala Dunia 2018 setelah menuntaskan laga-laga pemanasan. Selecao akan datang ke Rusia dengan membawa mimpi menjadi juara.

"Brasil boleh lah, tapi kalau Brasil ketemu Inggris, saya tetap jagokan Inggris" ucapnya.