Rapat dengan Komisi II DPR: Penyerapan Anggaran KSP Sudah Maksimal

JAKARTA- Kepala Staf Kepresidenan didampingi Deputi dan Staf Khusus Kantor Staf Presiden (KSP) menghadiri rapat kerja bersama dengan Komisi II DPR RI, Kementerian Sekretariat Negara dan Sekretariat Kabinet di ruang rapat Komisi II DPR RI.

Rapat kerja dipimpin Ketua Komisi II Zainudin Amali di dampingi oleh Herman Khaeron selaku wakil ketua Komisi II membahas mengenai pagu anggaran 2019. Moeldoko selaku Kepala Staf Kepresidenan memaparkan bahwa pada tahun 2019 KSP terus melaksanakan program dukungan manajemen dan pelaksanaan tugas teknis berupa dukungan kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam melaksanakan pengendalian program-program prioritas nasional, komunikasi politik dan pengelolaan isu strategis.

“Tahun 2019, KSP mendapatkan pagu indikatif sebesar Rp 89 miliar, yang mengalami penurunan anggaran sebesar 21,85%, dan kemudian pagu indikatif tersebut mengalami penurunan kembali sebesar 6,46%, sehingga pagu anggaran tahun 2019 menjadi Rp 83,7 miliar. Hal ini sesuai dengan surat Kementerian Sekretariat Negara,” papar Moeldoko.

Moeldoko mengajukan agar pagu anggaran KSP ditinjau kembali menjadi Rp 86 miliar, dengan rasionalisasi memasuki tahun 2019 tentunya banyak isu-isu yang akan dihadapi oleh Kantor Staf Presiden, terlebih lagi beragam konflik agraria yang kini kian merambah serta meresahkan masayrakat dan tentunya harus segera diselesaikan.

Komisi II menyetujui usulan Kepala Staf Kepresidenan untuk menambah pagu anggaran KSP menjadi Rp 86 miliar yang tergabung dalam anggaran Kementerian Sekretariat Negara.

Dipaparkan juga realisasi anggaran Kantor Staf Presiden sampai dengan tanggal 31 Agustus 2018 adalah sebesar Rp 66 Miliar, atau sebesar 58,26% dari alokasi anggaran tahun 2018 yang mencapai Rp 114 miliar. Dapat dikatakan bahwa pagu anggaran yang dialokasikan ke KSP sudah terserap semaksimal mungkin. Sementara, pagu anggaran yang diserap oleh Kementrian Sekretariat Negara sampai 31 Agustus mencapai 49,74%. Lalu untuk Sekretariat Kabinet sebesar 67% dari total pagu anggaran yang disediakan.